Beranda Inovasi Pesawat Taksi Tanpa Pilot Membelah Langit di Atas Pencakar Burj Khalifa di...

Pesawat Taksi Tanpa Pilot Membelah Langit di Atas Pencakar Burj Khalifa di Dubai

0
BERBAGI
Contoh pesawat drone taksi tanpa pilot terbang membelah langit di seputar Burj Khalifa, gedung pencakar langit tertinggi di dunia. (Dok. REUTERS/Satish Kumar)

DUBAI, tpcomDubai tak pernah berhenti mengejutkan dunia. Senin (25/9) lalu, pemerintah Kota Metropolitan di Uni Emirat Arab itu baru saja melakukan uji coba menerbangkan pesawat drone taksi tanpa pilot.

Dubai berambisi menjadi kota pertama di dunia yang menyediakan layanan taksi udara tanpa pilot.

Drone yang ukurannya sedikit lebih kecil daripada helikopter itu, mengudara membelah langit di atas kota Dubai, bahkan sempat mengitari langit di atas Burj Khalifa, gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Contoh drone taksi tanpa awak itu melakukan uji coba terbang selama 30 menit dengan membawa seorang penumpang di dalamnya.

Pesawat drone dengan kapasitas dua tempat duduk itu merupakan produksi dari Volocopter, perusahaan asal Jerman yang didukung oleh perusahaan Jerman lain, Daimler.

Pangeran Dubai, Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum memasuki pesawat taksi tanpa awak pilot di Dubai, saat melakukan uji terbang pada Senin (25/9). Dok. REUTERS/Satish Kumar.

Dalam uji coba itu, pesawat drone menerbangkan Pangeran Sheikh Hamdan bin Mohammed selama lima menit di udara dengan ketinggian 200 meter di atas lapangan berpasir. Setelah menerbangan sang pangeran selama lima menit, kemudian dalam uji coba terbang selanjutnya mampu bertahan hingga 30 menit.

 

     

Uji coba pesawat drone taksi tanpa awak itu menjadi gambaran awal dari masa depan taksi udara tanpa pilot, dimana Anda serupa memesan Go aircraft dari operator taksi online Gojek via aplikasi android. Dalam hitungan menit atau sekejap datanglah pesawat tanpa awak yang siap mengantar anda ke tempat tujuan.

Anda cukup memesan sambil menunggu di helipad atau voloport untuk menunggu tumpangan pesawat drone taksi yang segera akan datang menjemput Anda.

Petinggi Volocopter, Florian Reuter mengatakan prototype yang diuji coba itu sudah mampu terbang berdasarkan jalur GPS. Akan tetapi di masa mendatang drone taksi itu bisa dikendalikan dengan sistem yang lebih mudah dari sisi pengontrolan tanpa awaknya sehingga menjadi lebih leluasa, tapi tetap aman bagi keselamatan.

Jika uji coba proyek berjalan sukses, maka Anda diperkirakan sudah bisa naik pesawat taksi tanpa awak produksi Volocopter di Dubai dalam jangka lima tahun ke depan. (Sumber: Engadget.com)

LEAVE A REPLY