Beranda Bank Jokowi Dorong Rumah Murah: Giliran Pekanbaru Tebar Rumah DP 1% Dengan Cicilan...

Jokowi Dorong Rumah Murah: Giliran Pekanbaru Tebar Rumah DP 1% Dengan Cicilan Rp750.000

0
BERBAGI
Inset: Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Dirut BTN Maryono menyaksikan proses akad kredit calon debitur perumahan Griya Setia Bangsa (GSB) Pekanbaru, Propinsi Riau Minggu (23/7). Debitur dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah mendapatkan fasilitas DP 1%, bunga KPR 5% sampai lunas dan besaran cicilan per bulan Rp750.000. (Dok. BTN, diolah)

TPCOM, PEKANBARU- Setelah di Balikpapan dan Bekasi, pada Minggu (23/7), Presiden Joko Widodo memastikan giliran Pekanbaru menggulirkan program rumah murah dengan KPR berbunga tetap 5% sampai kredit lunas dan uang muka 1% untuk warga di kota ini.

Bank BTN bekerjasama dengan pengembang menyediakan sebanyak 2.126 unit rumah murah yang bisa dibeli oleh masyarakat Ibukota Provinsi Riau itu dengan besaran cicilan kredit sebesar Rp750.000 per bulan, dimana bunga kreditnya cuma dikenakan 5% selama tenor kredit hingga 20 tahun dan uang muka 1%.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan perseroan terus berupaya menghadirkan rumah murah yang bisa dimiliki Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di seluruh Indonesia melalui skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN Subsidi.

Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan komitmen Bank BTN menjadi integrator utama Program Satu Juta Rumah dengan target penyaluran KPR BTN Subsidi pada tahun ini mencapai 504.122 unit rumah. .

“Setelah di Balikpapan, kami kembali menghadirkan rumah murah di Pekanbaru. Ada 2.126 unit rumah murah yang bisa diakses masyarakat Pekanbaru dengan cicilan hanya sekitar Rp750.000 per bulan,” kata pucuk pimpinan Bank BTN itu dalam siaran persnya yang diterima Transaksiproperty.com, Minggu (23/7).

Latar proyek perumahan Griya Setia Bangsa, Pekanbaru. (Foto Repro)

Presiden Jokowi yang didampingi oleh sejumlah pembantunya, diantaranya Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyaksikan proses akad kredit calon debitur Bank BTN yang membeli rumah murah dalam program sejuta rumah rakyat di perumahan Griya Setia Bangsa (GSB) Pekanbaru, Propinsi Riau.

Maryono menambahkan kemudahan lain yang diberikan pihaknya dalam program tersebut adalah memeroleh bantuan uang muka dari pemerintah sebesar Rp4 juta. Dengan begitu, lanjutnya, masyarakat makin mudah untuk membeli rumah.

“Ada dua perumahan murah yang didukung Bank BTN di Pekanbaru, yakni Perumahan Griya Setia Bangsa dan Griya Setia Nusa,” kata Maryono. Dalam program kerjasama BTN dengan pengembang itu, ada 1.163 unit rumah yang akan dibangun di perumahan Griya Setia Bangsa, dimana telah terbangun 712 unit rumah dan 451 unit sisanya akan dibangun kemudian. BTN sendiri telah berhasil memproses akad kredit untuk 225 debitur atau sebanyak 225 unit rumah.
Untuk Perumahan Griya Setia Nusa telah berhasil dilakukan proses akad kredit untuk 556 unit rumah dari jumlah rumah yang dibangun yang mencapai 963 unit.

Berdasarkan data Bank BTN, bank yang leading untuk pembiayaan perumahan rakyat itu sudah mengucurkan kredit untuk 260.768 unit rumah di Sumatera sejak April 2015 dengan nilai kredit sekitar Rp21,65 triliun.

Baca pula: BTN Tetap Rajanya KPR FLPP, Dana Rumah Subsidi Sudah Cair Rp28,26 Triliun

LEAVE A REPLY