Beranda Vila & Resor Raja Salman, Mewah Dari Hotel Raffles ke The St Regis Resort

Raja Salman, Mewah Dari Hotel Raffles ke The St Regis Resort

0
BERBAGI
The St Regis Resort Nusa Dua, Bali. (Dok. TripAdvisor)

TPCOM, JAKARTA- Tiga hari sudah kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud ke RI berlangsung, tetapi kehebohan atas kegiatan kunjungannya itu masih terasa, tak kunjung reda.

Semua elit di republik ini menjadi demam wefie bersama Raja Salman, bahkan sekalipun cuma selfie numpang lewat di sampingnya.

Mulai dari Presiden Joko Widodo yang merekam Vlog bersama Sang Raja saat jamuan makan malam kenegaraan, wefie Megawati Soekarnoputri dengan Puan Maharani di sampingnya hingga anggota DPR yang berebutan berfoto saat orang berpengaruh di dunia itu hadir di parlemen.

Raja Salman bersama Presiden Jokowi (Dok.The Straits Times)

Esok, Sabtu 4 Maret hingga Kamis 9 Maret, sang Raja bakal bergeser dari Jakarta ke Bali. Kalau di Jakarta sarat dengan agenda resmi kenegaraan bilateral, di Pulau Dewata, Ningrat Arab yang terkenal dengan gelar Khadim al-Haramain asy-Syarifain (penjaga dua kota suci) itu, bakal rehat alias berlibur menikmati alam Bali.

Dari Hotel Raffles ke Hotel The St Regis Resort

Raja Salman ketika berada di Jakarta, memilih menginap di Hotel Raffles yang berlokasi di superblok Ciputra World, Kuningan Jakarta. Sedangkan anggota rombongan yang lumayan banyak, 1499 orang diinapkan di dua hotel supermewah lain, Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, dan Hotel JW Marriott yang berlokasi tak jauh dari Hotel Raffles.

Hotel Raffles Jakarta, tempat menginap Raja salman selama di Ibukota. (Dok.www.regus.co.id)

Hotel Raffles adalah hotel yang dimiliki oleh konglomerat properti, Ciputra. Hotel Raffles yang manajerialnya berada di bawah bendera operator internasional Raffles Hotels & Resort, adalah operator hotel yang sebagian sahamnya dipunyai oleh Kingdom Hotel Investments (KHI), anak usaha dari Kingdom Holding Company (KHC). Perusahaan ini merupakan kerajaan bisnis besar yang berpengaruh di dunia dan dimiliki oleh Pangeran Alwaleed bin Talal, keponakan Raja Salman sendiri.
Hotel itu mempunyai 173 kamar mewah nan nyaman dengan tarif termurah US$203 per malam atau kalau dirupiahkan sekitar Rp2,7 juta- seperti tarif yang tertera di Raffles.com. Untuk kamar dengan layanan istimewa mencapai Rp5,52 juta per malam.

Kompas pernah merilis kisaran tarif Raffles per malam dimulai dari US$425 untuk kamar tipe 60 m2, dan US$7.500 untuk presidential suites seluas 396 m2.
Hotel ini mulai dioperasikan sejak Maret 2015 dengan menelan biaya investasi mencapai Rp1,2 triliun yang dikeluarkan oleh Ciputra Group.

Sedangkan Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan dan Hotel JW Marriott yang menjadi tempat akomodasi lain bagi anggota kerajaan yang ikut dalam rombongan Raja Salman adalah hotel mewah milik Tan Kian. Tokoh dibalik kesuksesan pembangunan Mega Kuningan sebagai kawasan diplomatik. Dia juga dikenal pewaris bisnis Tan Hin Chung, pemilik Dumaco Group, salah satu konglomerasi di tanah air.

Ke Bali Menikmati Pantai

Agaknya Raja Salman selalu merindukan laut dengan gelombangnya dan pasir pantai nan putih berderai, sekalipun negaranya di sana adalah wilayah jazirah pantai dan padang pasir.
Ini terlihat dari persiapan lokasi rehat raja dengan memoles pantai di Bali yang tak jauh dari lokasi menginap yang dipilihnya di Hotel The St Regis Resort di Nusa Dua. Lagi-lagi, Kerajaan Arab Saudi membooking hotel lain untuk akomodasi anggota rombongan, yaitu The L Resort and Spa, Hilton Bali Resort, dan The Ritz Carlton.

Soal tarif hotel yang ditempati oleh raja, seperti diwartakan oleh Detik.com, Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bali, Tjokorda Gede Artha Ardhana Sukowati, mengatakan hotel-hotel di kawasan Nusa Dua memang selama ini terkenal paling mahal ketimbang wilayah lain di Pulau Dewata.

Menurutnya, untuk tarif kamar reguler hotel di kawasan Nusa Dua, rata-rata tarif menginap yang ditawarkan hotel-hotel berbintang di kawasan itu yakni dari paling murah US$ 500 atau Rp6,65 juta per malam, sampai paling mahal US$1.500 atau Rp19,95 juta..

Lalu, berapa tarif untuk kamar yang dipesan Raja Salman di The St Regis Bali Resort?
“Saya tidak tahu pasti ratenya untuk Hotel Regis. Tapi memang itu hotel paling mahal di Nusa Dua. Sepengetahuanku, ada memang hotel yang menerapkan tarif khusus untuk per malamnya Rp30 juta. Tapi kalau dihitung tarif reguler, itu kisaran antara US$500 sampai US$1.500,” terang Tjokodra kepada detikFinance, Kamis (2/3/2017).

Pangeran

LEAVE A REPLY